4 Syarat Wajib Untuk Membuat Custom Box Packaging

Jasa Pembuatan Custom Box Packaging Jakarta

Banyak yang tidak menyadari bahwa kemasan pada sebuah produk itu sangat penting. Termasuk bisa meningkatkan omzet untuk perusahaan. Tidak salah memang lebih mementingkan strategi pemasaran yang lain, tapi jangan juga sampe mengabaikan pembuatan custom box packaging sebagai nilai tambah pada sebuah produk. Kebanyakan dari konsumen akan mudah tertarik untuk melihat sesuatu yang baru, yang menarik, yang unik. Maka dari itu ketika ingin membuat suatu kemasan ada empat syarat wajib yang mesti diperhatikan. Berikut uraiannya :

1. Kemasan Harus Sesuai Dengan Kondisi Produk

Bentuk tampilan fisik dari suatu kemasan haruslah dibuat seefesien mungkin, mudah diterapkan pada produk dan memenuhi segala persyaratan aturannya. Kemasan yang akan dikirim melalui jalur laut dan menggunakan kapal sebagai alat transportasinya haruslah menggunakan bahan khusus agar selama dalam perjalanan kondisi produk tetap dalam keadaan baik.

Pada saat ingin menambahkan materi promosi ataupun informasi tambahan pada sebuah kemasan haruslah diperhatikan agar tidak terjadi bentuk yang kurang menarik. Ukuran kemasan yang dibuat pun harus menyesuaikan kondisi fisik produk, jangan sampai menyisakan banyak space atau tidak memberikan space yang banyak. Pemilihan bahan juga harus diseleksi dengan tepat agar bisa menahan tekanan ataupun getaran selama dalam proses pengiriman.

Pemilihan bahan kemasan yang mudah berdebu acap kali sering menciptakan masalah saat ketika melakukan packaging pada wadah, sehingga haruslah selektif dalam memilih bahan kemasan. Sementara produk yang sifatnya cair, umumnya memiliki satuan jenis yang bervariasi. Untuk mengurangi bahkan menghilangkan masalah yang sering timbul, baiknya wadah pada sebuah kemasan harus diawasi dengan ketat dari mulai memilih mesin pengemasan yang spesifik.

2. Kemasan Harus Mampu Melindungi Produk

Keadaan lingkungan yang mudah berubah-ubah, seperti suhu yang tinggi atau rendah dapat membuat kegagalan terhadap fungsi kemasan secara efektif. Keadaan lingkngan yang sering berubah sanggup melemahkan kekuatan dari custom box dan sanggup pula membuat lepasnya ikatan atau kelengketan beberapa adhesive.
Pada industri makanan kaleng, kemasan harus didesain sedemikian baik agar produk bisa bertahan terhadap suhu panas, goncangan serta tekanan yang ada. Seal harus tetap efektif selama masa berlaku pada sebuah produk yang mewadahi. Dan diwajibkan pembuatan cetak custom packaging harus bisa menahan tekanan ketika dalam kondisi distribusi. Penggunaa bahan yang tepat akan mengurangi kemungkinan kecil terjadinya masalah.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa perlindungan sudah termasuk pada proses transit, masuk ke gudang, supermarket, serta yang wajib selama digunakan di tangan calon pembeli. Perlindungan ini juga diharapkan mampu melindungi dari eksrtremnya udara, panas, dan cahaya. Dan juga mesti dibuat perlindungan terhadap serangan serangga.

3. Kemasan Harus Mampu Menjual Produk

Yang utama dari sebuah kemasan yaitu kemasan harus bisa menjelaskan informasi yang menjual kepada calon pembeli untuk melakukan transaksi. Desain yang menarik, penggunaan warna yang tepat, penggunaan font yang sesuai merupaka syarat wajib apabila produk sanggup memberikan daya tarik dalam pandangan yang sekilas saja. Informasi yang diharuskan ada pada desain kemasan antara lain yaitu :

a. Menjelaskan Identitas Dari Merk
b. Penjelasan singkat dari sebuah produk
c. Informasi Nama dagang
d. Informasi Isi, berat atau volume
e. Menjelaskan nama Perusahaan, nama produsen, logo
f. Pemberian Harga
g. Petunjuk Pemakaian
h. Ilustrasi yang menggambarkan produk

Buatlah desain custom box yang sesuai, sehingga bisa memenuhi harapan para pelanggan. Ukuran terhadap sebuah packaging harus disesuaikan seperti apa pola distribusi dari perusahaan yang telah ditetapkan, kemudian untuk proses distribusi diharapkan jangan terlalu memilik beban yang berat, hal ini akan menambah beban biaya yang ada. Selain identifikasi sebelumnya, kemasan juga harus mampu menarik minat calon pembeli untuk melakukan transaksi pembelian. Kemasan merupakan rangkain akhir pada proses iklan dan display harus memiliki makna pesan promosi.
Hal yang tak kalah penting juga pada saat pemotretan kemasan,bagaimana membuat hasil yang sanggup digunakan untuk media iklan yang efektif. Bentuk dan dimensi harus disetel agar display terlihat menarik.

4. Biaya Yang EKonomsi Secara Keseluruhan

Biaya kemasan yang ekonomis secara keseluruhan tidak hanya meliputi biaya jasa pembuatan custom box packaging jakarta saja. Waktu, biaya material, biaya para pekerja serta transportasi merupakan biaya total keseluruhan. Banyak juga yang gagal mencapai tujuan biaya yang ekonomis serta tidak efektif. dikarenakan tidak mampu mengelola beberapa item penting tersebut.

Penggunaan bahasa pada kemasan yang berlebihan sangat tidak disarankan, hal ini alasannya akan membuat calon pembeli jenuh ketika membaca informasi yang disampaikan. Demikianlah tips membuat kemasan pada sebuah produk, semoga dapat membantu dalam memunculkan inspirasi baru yang akan dituangkan pada sebuah desain baru.

Leave a comment

(*) Required, Your email will not be published